Rabu, 20 Maret 2013

Bank Aceh Harus Kembalikan Uang Nasabah Rp 3,6 Miliar

Serambi Indonesia

Selasa, 5 Maret 2013 10:36 WIB
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
* Terkait Pembobolan oleh Sri Rezeki

BANDA ACEH - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Sabang mengabulkan sebagian gugatan Syarifah Nurhayati (65), nasabah Bank Aceh Cabang Sabang yang tabungannya dibobol Sri Rezeki (terpidana) yang ketika itu menjabat Customer Service (RS) bank dimaksud. Bank Aceh (tergugat) harus mengembalikan tabungan Syarifah sebesar Rp 3.070.000 dan bunga Rp 555 juta, sehingga totalnya menjadi Rp 3.622.600.000.

Majelis hakim PN Sabang membacakan putusan perkara perdata ini dalam sidang terakhir di PN setempat, Kamis (28/2). Namun, kuasa hukum penggugat Syarifah Nurhayati yaitu, Syamsul Rizal SH, baru memberitahukan informasi tersebut kepada Serambi, dua hari lalu. Dalam gugatan, sebutnya, tabungan pokok Syarifah disebutkan Rp 3.332.000.000.

“Selain itu, gugatan untuk membayar kerugian atau bunga sejak tabungan ini Januari 2009 sampai Desember 2011 adalah 559.760 rupiah. Kami juga menggugat 559.760 rupiah lagi sebagai perkiraan keuntungan, jika uang tabungan itu bisa digunakan. Tetapi yang dikabulkan, Bank Aceh harus membayar tabungan pokok Rp 3.070.000 dan bunga Rp 555 juta, atau totalnya Rp 3.622.600.000,” kata Syamsul Rizal mengutip isi putusan.

Menurut Syamsul, majelis hakim diketuai Ismail Hidayat SH dibantu hakim anggota Eli Yurita SH dan Hasanuddin SH, memberi kesempatan kepada penggugat dan tergugat untuk pikir-pikir selama 14 hari, apakah menerima atau menolak putusan ini dengan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh. Syamsul Rizal menyatakan pihaknya pikir-pikir.

Begitu juga pihak Kacab Bank Aceh Sabang (tergugat I) dan Dirut Bank Aceh (tergugat II) melalui kuasa hukum mereka Iskandar SH. Sedangkan tergugat III, Sri Rezeki berhalangan hadir dan tidak menyerahkan kuasa kepada pengacara. Sri kini sedang menjalani sisa hukuman di cabang Rutan Lhoknga, Aceh Besar atas vonis delapan tahun penjara karena terbukti melakukan kejahatan perbankan dalam perkara ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus pembobolan Bank Aceh Cabang Sabang itu mencuat ke publik pada awal April 2011. Polisi menyelidiki kasus ini dengan memintai keterangan 42 nasabah yang mengaku tabungannya hilang. Polisi menetapkan Sri sebagai tersangka, 20 Juli 2011, karena dinilai melakukan transaksi ‘gelap’ atau menarik uang Rp 9,134 miliar milik 42 nasabah, namun Bank Aceh sudah mengembalikan tabungan nasabah lainnya.

Sri bisa melakukan pencairan ini karena nasabah mengenal perempuan ini baik, sehingga mereka sering menitipkan buku tabungan dan deposito padanya. Tapi, kepercayaan itu dimanfaatkan Sri untuk menguras uang nasabah, namun dalam jawabannya menanggapi gugatan Syarifah, Sri mengakui perbuatannya, tetapi tidak dilakukan sendiri, melainkan dibantu teller atau karyawan bank itu lainnya.(sal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar